December 06, 2022
11 11 11 AM
Remidial Sejarah Indonesia Kelas XI
Remidial dan Pengayaan PAS 1 Kelas X
Sepak bola ternyata bermula di Tiongkok
Solusi Prakerja untuk Pemula
Hal-hal unik pertandingan Jepang vs Spanyol
Historiografi Sejarah
Kisi-kisi Sejarah Kelas X
Hasil Piala Dunia Tadi malam
Sea Games 31
Latar Belakang Pergerakkan Nasional Indonesia
Latest Post
Remidial Sejarah Indonesia Kelas XI Remidial dan Pengayaan PAS 1 Kelas X Sepak bola ternyata bermula di Tiongkok Solusi Prakerja untuk Pemula Hal-hal unik pertandingan Jepang vs Spanyol Historiografi Sejarah Kisi-kisi Sejarah Kelas X Hasil Piala Dunia Tadi malam Sea Games 31 Latar Belakang Pergerakkan Nasional Indonesia

Kebudayaan Bizantium

ini gambar tentang kebudayaan romawi timur atau bizantium
ilustrasi kebudayaan Bizantium atau Romawi

Kerajaan Romawi didirikan pada tahun 753 sebelum Masehi.

Kerajaan ini pecah menjadi dua pada 395 M.

  1. Kerajaan Romawi Barat Dilindungi di Roma
  2. Kerajaan Romawi Timur menaungi di Konstantinopel.

Kerajaan Romawi Timur lebih dikenal dengan gelar kekaisaran Bizantium dengan kaisar pertama Acradius. kebangkitan mengalami keemasannya pada masa Yustianus (527-565). Artikel Bizantium meliputi daerah-daerah Makedonia, Dacia, Asia Kecil, Thracia, Suriah, Mesir dan Libid (Yahya, 1985: 456).

Negeri-negeri yang berada dalam kekuasaan kerajaan Bizantium pada umumnya beragama Nasrani. Bahasa yang berpengaruh adalah bahasa Latin, bahasa Yunani dan bahasa Suryani. Dalam bahasa inilah ditulis kitab-kitab suci, cerita-cerita dan sebagainya.

Kesenian dan kesusastraan Bizantium timbul kira-kira pada abad kelima. Kesenian ini berkembang terus di Rusia dan Balkan. Kesenian Romawi sangat maju pada masa Kaisar Yustianus I (527-565) dan penggantinya meluas sampai ke Italia utara. Patung-patung sangat banyak dibuat orang. Juga bangunan-bangunan gereja yang berkubah, yang sangat terkenal adalah Gereja Aya Sophia. Seni lukis, seni pahat, dan filosofi berjiwa dan bersemangat gereja (Hasjmy, 1995: 9-12). 

baca juga : Penduduk Arab Sebelum Islam masuk

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *