Februari 08, 2023
11 11 11 AM
Nahdlatul ulama atau NU Organisasi Islam di Indonesia
Sepuluh hal unik tentang kerajaan Demak
Games GTA
Ketiga istri Soekarno
Lahirnya Pancasila
Gempa bumi hari ini
Taukah anda mengenai AI
Sejarah PPKI : Latar belakang, Tugas , dan Rangkuman sidang
Sejarah Kerajaan Sriwijaya
Sumber tertulis Sejarah Kerajaan Sriwijaya
Latest Post
Nahdlatul ulama atau NU Organisasi Islam di Indonesia Sepuluh hal unik tentang kerajaan Demak Games GTA Ketiga istri Soekarno Lahirnya Pancasila Gempa bumi hari ini Taukah anda mengenai AI Sejarah PPKI : Latar belakang, Tugas , dan Rangkuman sidang Sejarah Kerajaan Sriwijaya Sumber tertulis Sejarah Kerajaan Sriwijaya

Latar Belakang Pergerakkan Nasional Indonesia

Historiku.com – Latar Belakang Pergerakan Nasional Indonesia merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut satu fase dalam sejarah Indonesia, yaitu masa perjuangan mencapai kemerdekaan pada kurun waktu 1908-1945. Pada awal tahun 1908, merupakan tahun pertama perjuangan yang dilakukan oleh sebagian masyarakat dengan visi atau tujuan nasional. 

Pergerakkan Nasional Indonesia memiliki latar belakang dari adanya Politik etis atau politik balas budi. Munculnya kaum etis yang dipelopori oleh Pieter Brooshooft (wartawan Koran De Locomotief) dan C.Th. van Deventer (politikus) ternyata membuka mata pemerintah kolonial untuk lebih memperhatikan nasib para bumiputera yang terbelakang.  

Baca Juga :  Sejarah Indonesia

kebijakan politik etis, yang terangkum dalam program Trias Van Deventer yang meliputi:

  1. Irigasi (pengairan) , membangun dan memperbaiki pengairan dan bendungan untuk keperluan pertanian.
  2. Emigrasi yakni mengajak penduduk untuk bertransmigrasi.
  3. Edukasi mencakup perluasan dalam bidang pengajaran dan pendidikan. 

Banyak pihak yang menghubungkan kebijakan baru politik Belanda ini dengan pemikiran dan tulisan Van Deventer yang diterbitkan beberapa waktu sebelumnya, sehingga Van Deventer kemudian dikenal sebagai pencetus politik etis ini. 

Pengaruh politik etis dalam bidang pengajaran dan pendidikan sangat berperan dalam pengembangan dan perluasan dunia pendidikan dan pengajaran di Hindia Belanda. Salah seorang dari kelompok etis yang sangat berjasa dalam bidang ini adalah Mr. JH Abendanon (1852-1925), seorang Menteri Kebudayaan, Agama, dan Kerajinan selama lima tahun (1900-1905). Sejak tahun 1900 inilah berdiri sekolah, baik untuk kaum priyayi maupun rakyat biasa yang hampir merata di daerah. 

Baca Juga :  Sumpah Pemuda Indonesia 

 

Refrensi :

4 thoughts on “Latar Belakang Pergerakkan Nasional Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *