Februari 08, 2023
11 11 11 AM
Nahdlatul ulama atau NU Organisasi Islam di Indonesia
Sepuluh hal unik tentang kerajaan Demak
Games GTA
Ketiga istri Soekarno
Lahirnya Pancasila
Gempa bumi hari ini
Taukah anda mengenai AI
Sejarah PPKI : Latar belakang, Tugas , dan Rangkuman sidang
Sejarah Kerajaan Sriwijaya
Sumber tertulis Sejarah Kerajaan Sriwijaya
Latest Post
Nahdlatul ulama atau NU Organisasi Islam di Indonesia Sepuluh hal unik tentang kerajaan Demak Games GTA Ketiga istri Soekarno Lahirnya Pancasila Gempa bumi hari ini Taukah anda mengenai AI Sejarah PPKI : Latar belakang, Tugas , dan Rangkuman sidang Sejarah Kerajaan Sriwijaya Sumber tertulis Sejarah Kerajaan Sriwijaya

Sea Games 31

Ilustrasi Sea Games

Historiku.com- Sea Games merupakan pesta olah raga yang bergengsi di Asia Tenggara. 11 negara menjadi pesertanya yaitu Indonesia, Malaysia, Brunei Darusaallam, Singapura, Vietnam, Thailand, Kamboja, Myanmar, Timor Leste, Laos dan Philiphina. 

Sejarah Sea Games

Sea Games awalnya bernama SEAP Games (Southeast Asian Peninsular Games). SEAP Games dicetuskan oleh Laung Sukhumnaipradit, yang pada saat itu menjabat sebagai Wakil Presiden Komite Olimpiade Thailand. 

Sea games sendiri memiliki tujuan untuk mempersatukan negara-negara yang ada di kawasan Asia Tenggara dan bertujuan untuk meningkatkan ekonomi negara yang menjadi tuan rumah dalam pesta olah raga tersebut.  

Baca Juga :Sepak Bola

Laung memberikan gagasan mengenai acara olahraga dengan skala lebih kecil, terdiri dari negara-negara di semenanjung Asia Tenggara.

Ide tersebut muncul ketika perhelatan Asian Games Ketiga di Tokyo pada tahun 1958. Kemudian pada Juni 1959 terbentuk Southeast Asian Peninsular (SEAP) Games Federation dengan enam negara pendiri yaitu Thailand, Burma, Kamboja, Laos, Malaysia, dan Vietnam.

SEAP Games pertama secara resmi dinyatakan dibuka oleh Yang Mulia Raja Bhumibol Adulyadej dari Thailand di Stadion Nasional Bangkok. Saat itu sebanyak 800 atlet dan perwakilan resmi yang berpartisipasi di 12 cabang olahraga.

Kedua belas cabang olahraga tersebut meliputi atletik, bulu tangkis, basket, tinju, sepeda, sepak bola, tenis, tembak, renang, tenis meja, bola voli dan angkat beban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *