Februari 08, 2023
11 11 11 AM
Nahdlatul ulama atau NU Organisasi Islam di Indonesia
Sepuluh hal unik tentang kerajaan Demak
Games GTA
Ketiga istri Soekarno
Lahirnya Pancasila
Gempa bumi hari ini
Taukah anda mengenai AI
Sejarah PPKI : Latar belakang, Tugas , dan Rangkuman sidang
Sejarah Kerajaan Sriwijaya
Sumber tertulis Sejarah Kerajaan Sriwijaya
Latest Post
Nahdlatul ulama atau NU Organisasi Islam di Indonesia Sepuluh hal unik tentang kerajaan Demak Games GTA Ketiga istri Soekarno Lahirnya Pancasila Gempa bumi hari ini Taukah anda mengenai AI Sejarah PPKI : Latar belakang, Tugas , dan Rangkuman sidang Sejarah Kerajaan Sriwijaya Sumber tertulis Sejarah Kerajaan Sriwijaya

Sejarah Terbentuknya BPUPKI

Nama Resmi BPUPKI

Banyak yang tidak tahu mengenai nama resmi BPUPKI, secara umum orang menyebutnya “Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia” namun faktanya dalam Bahasa Jepang : Dokuritsu Junbi Chosa-kai, kalau di terjemahkan ke bahasa Indonesia nama aslinya “Badan untuk Menyelidiki Usaha Persiapan Kemerdekaan”.  

Berdasarkan sumber sejarah nama awalnya BPUPK bukan BPUPKI, alasannya organisasi tersebut di buat oleh angkatan ke-16 Jepang yang hanya memiliki wewenang di Jawa. Angkatan Darat ke-25 Jepang yang berkuasa di Sumatra baru mengizinkan badan serupa 25 juli 1945. Kaigun atau angkatan Laut yang menguasi kalimantan dan Indonesia timur tidak mengizinkan adanya BPUPK.

Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia

Jendral Kumakichi Harada

Terbentuknya BPUPKI dimulai pertengahan tahun 1994 .Tepatnya tanggal 1 Maret 1994, didirikan oleh Kumakichi Harada, tetapi badan ini baru diresmikan pada tanggal 29 April 1945 bertepatan dengan hari ulang tahun Kaisar Hirohito.

Kesepakatan ini dibuat sebagai sarana untuk mendapatkan perlindungan dari pemerintah Indonesia.  Jepang menjajikan dengan  akan membantu mewujudkan kemerdekaan Indonesia yang selama ini mereka cita-citakan. 67 orang menjadi anggota BPUPKI, diketuai oleh Dr. Kanjeng Raden Tumenggung (K.R.T.) Radjiman Wedyodiningrat, serta wakil ketua Ichibangase Yoshio (warga negara Jepang) dan Raden Pandji Soeroso.

Di lingkungan BPUPKI, dibangun Badan tata Usaha (mirip sekretariat) yang beranggotakan 60 orang. Raden Pandji Soeroso, bersama bawahannya Bapak Abdoel Gafar Pringgodigdo dan Masuda Toyohiko, adalah pemimpin Tata Usaha (orang Jepang) saat ini. Fokus utama BPUPKI adalah mengajar dan menyebarkan informasi tentang topik yang berkaitan dengan politik, ekonomi, dan bidang lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *